allaboutnine.com

Media Informasi Terupdate
Kuliner Khas Thailand yang Paling Populer

Saat berkunjung ke Thailand, tentunya tidak lengkap bila belum mencoba kuliner khas Thailand yang populer. Walaupun beberapa makanan populer Thailand sudah ada yang menjualnya di Indonesia, namun tentunya pengalaman makan di tempatnya langsung akan lebih berkesan.

Kuliner khas Thailand disukai oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan berbagai bumbu dari makanan-makanannnya membuat kuliner khas Thailand tidak kalah menggugah selera dengan kuliner negara lainnya.

Pad Thai

Kuliner khas Thailand yang pertama adalah Pad Thai. Pad Thai adalah mie siram, yang dimasak dengan gula aren dan kuah asam, lalu ditambahkan dengan udang, kacang, tauge, dan taburan daun bawang.

Sama dengan Tom Yum, pada menu Pad Thai ini, kamu juga bisa memilih menggunakan bahan udang ataupun ayam. Bagi kamu yang menyukai makanan mie, tentunya wajib mencoba kuliner khas Thailand satu ini.

Gai Yang

Gai Yang merupakan kuliner khas Thailand berupa ayam bakar utuh. Jadi, makanan satu ini sangat cocok dijadikan santapan bersama keluarga atau rombongan, dan dimakan bersama-sama.

Gai yang bisa kamu dapatkan di daerah Chiang Mai, Thailand. Ayam bakar yang disajikan akan dibalur terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu khusus yang menjadikan rasanya lebih khas. Setelah ayam terlapisi bumbu, ayam langsung dibakar. Penyajian Gai Yang biasanya ditempatkan pada piring besar dengan ayam yang sudah dipotong-potong kasar sehingga lebih mudah dimakan.

Kanom Krok

Kuliner khas Thailand satu ini merupakan salah satu camilan yang wajib kamu cicipi. Kanom krok merupakan kue kelapa yang dimasak dengan penggorengan bulat yang memiliki bolongan-bolongan kecil seperti penggorengan yang dipakai untuk memasak Takoyaki.

Kue ini terdiri dari bahan-bahan sederhana seperti tepung, santan, gula, garam, dan gula aren. Biasanya ditambah juga dengan taburan daun bawang di atasnya. Kue gurih ini enggak boleh kamu lewatkan kalau sedang jalan-jalan ke Thailand.

Khao Tom

Kuliner khas Thailand selanjutnya adalah Khao Tom. Khao tom merupakan bubur nasi yang dimasak bersama campuran daging atau produk hasil laut.

Jika bubur nasi dicampur dengan udang maka namanya adalah khao tom goong. Jika menggunakan campuran daging babi maka diberi nama khao tom moo. Kemudian bubur nasi yang dicampur dengan ikan dikenal dengan sebutan khao tom pla.

Khao tom yang mencampurkan bubur nasi dengan udang dan ayam termasuk ke dalam makanan khas Thailand yang halal sehingga boleh dikonsumsi oleh setiap orang yang beragama Islam.

Khao tom mengandung bumbu rempah yang bersifat menghangatkan tubuh. Dengan sifatnya tersebut, khao tom sebenarnya juga cocok jika dimakan ketika hawa sedang dingin. Di Thailand sendiri, bubur khao tom biasanya dimakan untuk sarapan.

Tom Yum

Mungkin kamu sudah mengenal kuliner khas Thailand satu ini. Bahkan mungkin kamu sudah sering mendengar namanya. Tom yum memang sudah banyak dijual di Indonesia.

Tom yum merupakan makanan berupa hidangan sup yang terdiri dari ragam sajian seperti udang, ikan, dan masih banyak lagi. Setiap bahan dasar sebagai sajian utama tom yum memberikan karakteristik sendiri yang dibedakan dari nama makanannya.

Ada tom yum goong yang berisi udang, tom yum pla yang berisi ikan, dan tom yum po taek yang berisi aneka jenis makanan laut. Tom yum ada yang mempunyai kuah bening dan kuah santan.

Untuk tom yum yang berkuah santan mempunyai rasa yang lebih gurih dibandingkan tom yum kuah bening. Untuk bumbunya sendiri berupa bumbu halus yang berasal dari campuran bawang putih, lengkuas, cabai, serai, kecap asin, daun jeruk, jahe, dan jeruk nipis.

Tod Man Pla

Tod man pla merupakan makanan yang menghidangkan daging ikan dan ayam. Biasanya, masyarakat Thailand lebih memilih ikan untuk dijadikan tod man pla. Ikan yang dipilih juga tidak sembarang ikan, syaratnya harus ikan yang mempunyai daging berwarna putih. Jadi kalau di Indonesia, tod man pla ini bisa dibuat dari ikan tuna, kakap, tenggiri, dan gindara.

Tod man pla biasanya bisa kamu temui di jalanan. Makanan berbahan dasar ikan ini biasanya diberi bumbu pasta kari merah ala Thailand. Bumbu kari yang dipergunakan akan memberikan warna merah dan rasa yang sedikit pedas. Selain itu ada juga tambahan kacang panjang dan acar mentimun sebagai pelengkapnya.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.