allaboutnine.com

Media Informasi Terupdate
Agar Tidur Kalian Tidak Mendengkur

Pasti kalian tidak sadar bahwa ketika tidur kita ngorok. Yang terjadi adalah orang disekitar kita yang terganggu oleh suara ngorok kita. Ngorok atau mendengkur adalah suatu kondisi di mana seseorang mengeluarkan suara kasar ketika tidur. Kondisi ini dimana dampak dari terhalangnya atau menyempitnya saluran pernapasan.

Ngorok sendiri tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi ngorok juga jadi tanda dari adanya masalah kesehatan. Segera temui dokter jika kita ngorok dan disertai dengan: gelisah, terbangun akibat tersedak atau terengah-engah, sangat mengantuk ketika siang hari sehingga sulit konsentrasi, tenggorokan atau kepala terasa sakit ketika bangun, muncul rasa nyeri pada dada. Berikut cara untuk menguranginya.

Tidur menyamping

Ternyata tidur menyamping terbukti mampu mencegah lidah dan langit-langit menutupi jalan nafas kita. Ketika nafas kita lancar maka potensi akan ngorok jadi berkurang. Disarankan untuk tidur menyamping ke kanan. Kok ke kanan? Ini berfungsi agar fungsi pencernaan tidak terganggu dimalam hari. Terlebih dimalam hari pencernaan bekerja lebih keras. Juga untuk menjaga jantung agar bekerja lancar. Ketika kita tidur menyamping ke kanan, maka posisi jantung berada disebelah atas sehingga tidak menahan beban tubuh. Berbeda jika kita tidur menyamping kekiri dimana jantung menahan beban tubuh.

Perbanyak minum air putih

Sebenarnya cara ini tidak cuma berkhasiat untuk mengurangi ngorok, tetapi untuk menjaga metabolisme tubuh. Air putih sendiri banyak manfaatnya, tetapi banyak dari kita yang malas untuk minum air putih. Air putih berguna untuk melancarkan tenggorokan kita sehingga bersih dari dahak yang mengganggu nafas kita.

Mengurangi merokok

Merokok sendiri banyak ruginya daripada manfaatnya. Kita tidak dapat langsung berhenti untuk merokok kecuali dengan niat yang kuat. Dengan merokok ternyata asap rokok yang kita hirup dapat menyebabkan radang dan iritasi pada selaput lendir hidung dan tentu saja ini dapat mengganggu pernapasan. Terlebih merokok juga dapat menyebabkan lendir pada paru-paru sehingga sistem pernapasan kita juga terganggu. Merokok ini sebenarnya memiliki efek jangka panjang sehingga banyak penggunanya yang kurang memperhatikan masalah ini.

Membersihkan kamar

Poin ini sudah pasti harus dilakukan, karena kebersihan kamar juga menyebabkan udara yang ada disekitar bersih. Udara bersih akan bermanfaat bagi pernafasanmu sehingga tidak menyebabkan alergi dan ngorok.

Mengurangi minum alkohol

Pada poin ini sama halnya dengan merokok. Kita tidak bisa langsung berhenti melakukannya. Maka mengurangi adalah hal yang baik dilakukan. Alkohol jika digunakan dalam jumlah yang wajar akan bermanfaat bagi tubuh. Tetapi sesuatu yang berlebihan tidak baik. Terlalu banyak minum alkohol menyebabkan otot disekitar leher mengalami relaksasi yang akan memicu terjadinya ngorok.

Mengurangi berat badan

Pasti banyak dari kita yang menginginkan berat badan ideal. Berat badan ideal dapat menghindarkan dari beberapa penyakit tertentu. Ternyata kelebihan lemak dapat menyebabkan ngorok. Lemak yang jumlahnya lebih pada leher dapat menghambat sistem di tenggorokan. Tenggorokan sendiri terdiri dari dua yaitu kerongkongan (saluran pencernaan) dan tenggorok (saluran pernafasan).

Tidur yang cukup

Ngorok juga tanda daripada suatu tubuh mengalami kelelahan. Banyak dari kita yang kekurangan jam tidur entah itu lembur bekerja ataupun kegiatan lainnya. Ternyata dengan tidur yang cukup dapat membantu pernafasan kita jadi teratur. Dengan tubuh mendapatkan tidur yang cukup maka sistem pernafasan bekerja dengan lebih lancar.

Hindari makanan berat dan kopi

Kopi dengan kafeinnya dapat menyebabkan insomnia. Makan makanan berat sebelum tidur akan membuat tubuh dipaksa untuk bekerja lebih keras. Hal tersebut membuat sistem pernafasan terganggu. Sehingga dianjurkan untuk tidak minum kopi dan makan makanan berat sebelum tidur. Seandainya terpaksa maka 2 jam sebelum tidur.

Operasi

Operasi ini merupakan langkah terakhir dimana langkah-langkah diatas tidak berhasil. Operasi ini harus ditanyakan kepada dokter terlebih dahulu. Beberapa operasi penyabab ngorok adalah Tonsilektomi yaitu operasi menghilangkan amandel, Uvulopalatopharyngoplasty (UPPP) adalah operasi mengencangkan tenggorokan dan mulut-mulut, Laser-assisted uvula palatoplasty (LAUP) adalah operasi memperbaiki sumbatan saluran pernafasan dengan sinar laser, dan Somnoplasty adalah operasi menyusutkan jaringan berlebih pada lidah atau langit-langit dengan gelombang radio.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar tidak ngorok. Yang paling utama, kamu harus bisa jaga kesehatanmu sendiri.

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.